. Es Pisang Ijo ala Warung Bravo - seerem

Es Pisang Ijo ala Warung Bravo

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

(Foto: Arpan/okezone)

ADA pisang warna hijau, tapi dimakan orang. Idih, apa itu langsung dimakan tanpa mengupas kulitnya ya?

Hanya ada di Makassar. Bukan, bukannya dimakan tanpa mengupas kulitnya. Sebatang pisang matang dibalut tepung beras dibubuhi aroma pandan. Tepung beras direbus pandan itulah yang membalut pisang dengan warna hijau.

Buah pisang menjadi salah satu buah-buahan yang paling banyak dimanfaatkan orang sebagai bahan dasar makanan di Makassar. Memakai bahan baku pisang, dapat dibikin berbagai panganan.

Dua macam kuliner dicampur jadi satu yang suka diincar penggemar es sekaligus pelahap buah pisang, tidak salah lagi: es pisang ijo! Tempat makan favorit yang menawarkan menu khas tradisional ini, Warung Bravo. Posisinya, di Jalan Andalas no 154, Makassar.

"Kami buka dari pukul 8 pagi sampai 9 malam," kata Sri (27) pelayan di Warung Bravo kepada okezone, Minggu (7/8/2011).

"Sudah sejak kecil dulu saya sering makan di sini, yang paling suka saya pesan es pisang ijo karena sedapnya," ujar salah seorang pelanggan, Fitriyani (34), warga Jalan Gunung Latimojong, Makasaar.

Mencicipi rasa sedap es pisang ijo yang terasa dingin-dingin-manis dari salah satu kekayaan kuliner ala Indonesia. Disajikan dalam wadah piring ceper. Ditemani satu porsi dari dua jenis penganan selingan ringan lain, jalangkote dan lumpia. Kesederhanaan cara penyajiannya mengundang selera penikmatnya untuk memuaskan dahaga.

Es pisang ijo dibuat dari satu batang pisang raja yang matang dibalut selimut hijau terbuat dari tepung beras yang menebarkan semerbak aroma daun suji. Diberi tambahan tepung terigu rebus nan kenyal berlaburan, yang disiram sirop warna merah, dan dilelehkan dengan tambahan cairan susu kental. Setumpuk es berbentuk kotak-kotak kecil serupa gunungan menjadi pelengkap hidangan.

Sensasi yang dikecap lidah terasa begitu ramainya. Mengecap rasa manis sirop warna kesumba nan bernuansa dingin gunung es. Menggigit kenyalnya tepung terigu dan tepung beras. Menikmati enaknya buah pisang itu sendiri.

"Pisang itu bahan dasar makanan yang mudah didapati dalam panganan khas Makassar. Selain es pisang ijo, kemudian ada juga es palubutung, pisang epe, dan banyak lagi. Semua itu bahan dasarnya pisang," kata Fitriyani.

speednews 07 Aug, 2011


--
Source: http://www.laksanaberita.info/2011/08/es-pisang-ijo-ala-warung-bravo.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com


0 komentar:

Posting Komentar